Microsoft Windows: NTFSF atau File System Integrity, Keamanan, dan Fitur Berbagi File

NTFS adalah sistem file Microsoft Windows yang menyediakan konsistensi volume dengan menggunakan pencatatan transaksi dan teknik pemulihan. NTFS dapat menggunakan informasi file log dan pos pemeriksaan untuk mengembalikan konsistensi sistem file.

Pada Windows 2000 dan Windows XP, NTFS juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti izin file dan folder, enkripsi, kuota disk, dan kompresi.

Sayangnya volume tidak selalu diatur dengan NTFS sebagai sistem file. Misalnya sistem file FAT, sistem file yang menggunakan struktur data yang disebut Tabel Alokasi File (FAT) untuk mengatur dan mengelola file, sering digunakan sebagai sistem file default untuk memastikan kompatibilitas dengan sistem operasi lama seperti DOS; IBM OS2; dan Microsoft Windows 3.1, 95, 98 dan ME yang mungkin ada di jaringan.

Sistem file lain yang mungkin diinstal pada Windows 2000 atau Windows XP adalah sistem file FAT32. Sistem file FAT32 adalah turunan dari sistem file FAT. FAT32 mendukung ukuran cluster yang lebih kecil dan volume yang lebih besar daripada FAT, yang menghasilkan alokasi ruang yang lebih efisien pada volume FAT32.

Karena konsistensi dan fitur keamanan NTFS Anda mungkin ingin mengkonversi dari sistem file FAT atau FAT32 ke NTFS. Microsoft menyediakan utilitas baris perintah untuk melakukan ini, dengan tepat bernama "Konversi". Ketahuilah bahwa "konversi" hanya satu arah. Anda tidak akan dapat mengembalikan volume Anda kembali ke FAT atau FAT32 tanpa menggunakan utilitas pihak ketiga atau dengan memformat ulang drive.

Untuk mengonversi volume FAT atau FAT32 ke NTFS, ketik "convert DRIVE: / fs: ntfs / X" pada baris perintah di mana "DRIVE" adalah huruf drive (misalnya, convert C: / fs: ntfs / x).

"convert C:" memberi tahu perintah untuk mengonversi volume yang ada pada drive yang ditentukan, dalam hal ini drive C. "/ fs: ntfs" memberi tahu perintah untuk mengkonversi ke sistem file NTFS. Parameter "/ X" "akan memaksa volume untuk dilepas terlebih dahulu.

Jika Anda mencoba mengonversi volume utama dalam Windows, konversi tidak akan bisa mendapatkan akses eksklusif ke hard drive Anda. Dengan kata lain, ketika XP menjalankan beberapa file pada volume utama Anda selalu "digunakan", sehingga konversi harus dilakukan pada saat Windows mulai memuat.

Pada reboot berikutnya, proses akan memeriksa drive untuk kesalahan sebelum melanjutkan untuk mengkonversi sistem file ke NTFS.

Jika konversi di atas berhasil, atau jika Anda mencoba instruksi di atas dan mendapatkan pesan "Drive sudah NTFS" tetapi Anda masih tidak melihat tab "lanjutan" dan "keamanan" di "properti folder", coba berikut ini :

Buka Windows Explorer.

Pilih menu Tools.

Pilih Opsi Folder.

Pilih tab Lihat.

Gulir daftar pengaturan Tingkat Lanjut ke bagian paling bawah.

Pada titik ini, Anda akan melihat opsi "Gunakan berbagi file sederhana (Disarankan)".

Jika diaktifkan, hapus centang dari kotak centang.

Anda sekarang harus memiliki tab "pangsa lanjutan" dan tab "keamanan" di jendela "properti folder".

Silakan kunjungi www.pagecandy.com untuk informasi lebih lanjut


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *