Merencanakan dan Memilih Bagian Untuk Pembuatan Carputer Anda

Komputer mobil (carputer) adalah sistem yang mengagumkan untuk dipasang di mobil Anda. Tidak hanya seorang carputer dapat memainkan musik dan video, tetapi Anda juga dapat menginstal perangkat lunak navigasi, menjelajah web, mengunduh file, atau melakukan apa pun yang dapat dilakukan oleh PC yang Anda gunakan. Namun, banyak orang tidak tahu harus mulai dari mana, atau mereka tidak memiliki petunjuk pertama tentang apa yang terdiri dari sistem carputer.

Berikut ini beberapa kiat dan saran umum untuk memulai membangun Anda. Saya tahu bahwa ketika saya memulai, saya harus belajar dengan cara keras dengan mempelajari forum MP3car.com. By the way, jika Anda ingin melihat pengaturan carputer, ingin info lebih lanjut, atau apa pun yang berhubungan dengan carputer, MP3car.com cukup banyak sumber daya defacto.

Motherboard / CPU:

Kebanyakan orang memilih motherboard faktor bentuk mini-ITX. Motherboard Mini-ITX berukuran sekitar 7 "x 7", biasanya datang dengan CPU, dan mengkonsumsi daya yang lebih kecil daripada rekan ATX ukuran penuh mereka, yang menjadikan mereka kandidat yang bagus untuk penggunaan carputer. Motherboard Mini-ITX memiliki banyak konfigurasi yang berbeda; ada beberapa papan untuk Intel, beberapa untuk AMD, dan beberapa berbasis VIA. Beberapa papan dapat menangani hingga Core 2 Quad core CPU, tetapi berharap untuk membayar mucho $$$ jika Anda menginginkan tingkat kinerja tersebut.

Untuk penggunaan carputer, Anda kemungkinan besar tidak akan menyandikan media, bermain game, atau menjalankan simulasi medan tank. Pilihan populer adalah VIA C3 dan C7 mini-ITX berbasis motherboard, tetapi mereka sedang dihapus oleh semakin populernya papan Intel Atom. Prosesor Intel Atom banyak digunakan di netbook, tetapi kebutuhan daya yang rendah dan panas yang rendah membuat mereka menjadi kandidat yang sempurna untuk penggunaan carputer.

Yang paling populer, bang terbaik untuk motherboard Anda akan menjadi Intel D945GCLF2, menurut saya. Tidak hanya papan berjalan keren, itu juga olahraga prosesor Atom dual core, yang dalam pengalaman saya, lebih dari cukup cepat untuk penggunaan carputer. Juga, kurang dari $ 100 untuk CPU dan motherboard, kesepakatannya terlalu bagus untuk dilewatkan.

Sumber Daya listrik:

Yang paling mudah, solusi bebas sakit kepala adalah menggunakan power supply DC-DC yang cerdas. Catu daya cerdas memiliki pengontrol startup / shutdown terintegrasi yang dapat merasakan dan menyalakan komputer Anda saat Anda menghidupkan / mematikan mobil Anda. Ini sangat penting, karena jika pasokan listrik "bodoh", Anda harus secara manual menghidupkan carputer on / off setiap kali masuk dan keluar dari mobil. Lihat bagaimana itu bisa menjengkelkan?

Catu daya DC-DC yang cerdas biasanya memiliki sejumlah kabel untuk dihubungkan ke sistem kelistrikan mobil Anda. Ini termasuk, minimal, kabel listrik, kabel arde, dan kabel jarak jauh. Kawat jarak jauh ditransfer ke sumber 12v yang hanya menjadi aktif saat kunci Anda berada di kunci kontak. Penggunaan yang paling umum adalah menggunakan kabel jarak jauh dari CD player / head unit Anda, dengan cara itu, saat CD player menyala, begitu juga dengan carputer.

Sejauh merek pergi, saya akan pergi dengan Opus. Meskipun mereka sedikit lebih mahal daripada suplai daya M2 / M3 / M4 ATX, mereka memiliki kualitas yang lebih tinggi. Saya memiliki ATX M2 yang lebih tua yang hanya akan mengeluarkan 10.9 – 11.4 volt pada rel 12v (tidak bagus!). Sejak itu, saya menggantinya dengan Opus 120w dan sudah berjalan kuat sejak 2006. Saya juga pernah mendengar hal-hal bagus tentang lineup Pico PSU. Pico PSUs sangat kecil dan terhubung langsung ke colokan listrik ATX Anda di motherboard mengambil ruang yang sangat sedikit. Saya akan menggunakan Pico PSU jika Anda sangat sempit untuk ruang, seperti di kotak sarung tangan.

Hard Drive dan Drive Optik:

2,5 "hard drive notebook adalah yang paling populer karena mereka kecil, menggunakan sedikit daya, dan kasar. 2,5" hard drive dibangun untuk mengambil getaran sehari-hari dan getar yang akan dialami dari berada di laptop, sehingga masuk akal untuk gunakan di carputer di mana Anda akan berjalan di jalan berlubang, hopping curbs, dll Saya telah menggunakan 2,5 "80GB IDE lama untuk setidaknya 3 tahun sekarang. Saya telah menjatuhkan hard drive beberapa kali dan sudah terpasang cukup buruk, tetapi masih berjalan kuat! 3.5 "hard drive membutuhkan lebih banyak daya, dan kekuatan sangat berharga ketika kita berbicara tentang kecil, 90-120 watt pasokan listrik.

Drive optik; siapa yang menggunakan optical drive lagi? Satu-satunya waktu saya menggunakan optical drive adalah untuk menginstal sistem operasi awal. Meski begitu, Anda mungkin bisa lolos dengan menginstal OS Anda dari USB flash drive. Untuk penggunaan sehari-hari, saya menjamin drive optik akan menerima hampir nol penggunaan. Musik Anda seharusnya ada di hard drive Anda dan USB flash drive dapat digunakan untuk mentransfer file. Satu-satunya hal yang dapat saya lihat drive optik yang berguna untuk menonton DVD. Namun, seberapa sering Anda benar-benar akan duduk di mobil Anda dan menonton DVD? Satu-satunya waktu yang dapat Anda pikirkan untuk melakukannya adalah saat Anda mengemudi, atau ketika Anda berhenti. Jika Anda mengemudi, apakah Anda benar-benar berpikir itu ide yang baik untuk menonton film dalam perjalanan untuk bekerja? Jika Anda berhenti, bukankah Anda lebih suka menonton DVD di layar besar Anda di rumah? Pada titik ini dalam evolusi teknologi kami, drive optik semakin menjadi hal baru.

Ingatan:

Dapatkan kapasitas, termurah tertinggi yang dapat Anda temukan. Saya memiliki 1GB di carputer saya dan berjalan cukup cepat pada instalasi Windows XP penuh (saya akan membahas ini nanti). 2GB akan menjadi lebih baik, tetapi itu tidak benar-benar diperlukan dan saya ragu Anda akan melihat peningkatan kecepatan.

Enklosur / Kasus:

Terlepas dari apa yang mungkin Anda dengar atau pikirkan, sebuah casing benar-benar opsional selama Anda memasang komponen Anda dengan agak aman (artinya mereka tidak akan terpental seperti orang gila saat mengemudi). Kasus Mini-ITX memang ada dan dapat ditemukan di toko-toko seperti Mini-box, MP3car, dan Newegg. Jika Anda memiliki ruang, kasus mikro-ATX yang sedikit lebih besar (tetapi lebih murah) dapat digunakan sebagai gantinya.

Inilah beberapa bukti untuk membackup klaim saya bahwa sebuah kasus adalah opsional. Saya telah menjalankan setup saya di glovebox seperti ini selama lebih dari tiga tahun dengan kegagalan nol. Suhu CPU mengendap sekitar 50-60c tergantung pada suhu luar. Hard drive dipasang ke bagian atas kompartemen sarung menggunakan perekat dua sisi. Motherboard dan power supply hanya duduk di selembar karton.

Sistem operasi:

Saran saya adalah menjalankan versi lengkap Windows XP daripada membangun "kustom" XP seperti TinyXP. TinyXP pada dasarnya adalah pengunduhan Windows XP yang dipangkas yang memakan lebih sedikit ruang disk, sedikit memori, dan memuat sedikit lebih cepat daripada pemasangan Windows XP biasa. Namun, saya perhatikan bahwa TinyXP tidak sempurna dan jelas bukan untuk semua orang. Driver dilucuti, layanan hilang, dan menurut pengalaman saya, itu bukan OS yang paling stabil juga. Apakah Anda benar-benar ingin melakukan pemecahan masalah lanjut untuk beberapa program aneh yang Anda ingin bekerja? Simpan sendiri sakit kepala dan instal versi lengkap Windows XP. Bahkan pada memori 1GB saja (2GB tampaknya menjadi standar sekarang), XP berjalan mulus mulus.

Kemudian kita sampai pada masalah apakah mematikan komputer atau membuatnya hibernate ketika Anda mematikan mobil. Hibernasi pada dasarnya mengambil semua informasi yang ada dan menyimpannya di hard drive ketika komputer dimatikan. Kemudian, ketika komputer dihidupkan lagi, data dipulihkan dari hard drive dan Anda kembali ke tempat Anda sebelum Anda mematikan mobil. Seindah hibernasi terdengar, itu tidak sangat dapat diandalkan dalam pengalaman saya. Gambar hibernasi saya menjadi rusak setiap 10-20 siklus startup / shutdown. Jadi, bantulah diri Anda sendiri dan lakukan startup / shutdown sepenuhnya untuk setiap sesi. Seorang carputer pada instalasi penuh Windows XP tidak butuh waktu lama untuk boot anyways, plus, itu menghemat banyak sakit kepala di masa depan.

Paling depan:

Menggunakan ujung depan sepenuhnya terserah Anda. Ujung depan pada dasarnya adalah program yang ramah jari yang berisi semua kontrol media Anda, pemutar media, dll. Ini cukup banyak membuat carputer Anda terlihat seperti unit layar sentuh DIN ganda Alpine atau Pioneer. Dua ujung depan yang paling populer adalah Road Runner dan Centrafuse. Keduanya adalah pemain hebat, tetapi keduanya memiliki sisi negatifnya.

Road Runner adalah open source (gratis), tetapi sangat sulit untuk setup dengan benar, dan menurut saya, terlalu berantakan dan tidak terlihat sebagus Centrafuse. Centrafuse, bagaimanapun, tidak gratis, tetapi sangat mudah untuk mengatur dan bekerja dengan baik di luar kotak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *