Karangan Bunga: Kisah Iris

Julukan Dewi Iris (yang memberinya nama untuk bunga) adalah Podenemus (dengan kaki, secepat angin atau cepat) Dia juga disebut 'Iris Surgawi' dan merupakan putri dari Titan Thaumas dan Electra samudera . Suaminya adalah Zephyrus, angin selatan, anak-anaknya cinta Dewa Eros dan Pothos.

Iris adalah utusan para Dewa dan juga Penjaga Pelangi. Banyak legenda Yunani Iris telah datang kepada kita dalam bentuk mitos yang sudah tua bahkan di zaman Homer.

Orang dahulu percaya bahwa Iris menjaga jiwa para wanita yang mati dalam perjalanan mereka menuju Lapangan Elysian, dan sebagai tanda kepadanya orang-orang Yunani menanam bunga iris ungu di kuburan mereka.

Dalam patung dan relief, Iris digambarkan dengan sayap emas dan kaki berbulu. Orang-orang Yunani memanggilnya 'Sumber Air dari Atas'. Jika Dewa berbohong atau bertengkar, Iris akan mendapatkan air dari sungai Styx dan dengan air ini mereka harus menjanjikan kebenaran. Jika mereka berbohong, mereka kehilangan keabadian mereka.

Salah satu yang pertama menyebutkan bunga Iris yang sebenarnya berasal dari Mesir kuno pada masa pemerintahan Firaun Thutmosis III (1504-1450) SM. Firaun merayakan penaklukan sebagian besar Asia Kecil dengan memiliki kebun yang dibuat untuk memamerkan tanaman yang ia bawa dari kampanyenya. Dia sangat menikmati mereka sehingga dia memiliki keserupaan mereka yang diukir di batu di tembok besar kuilnya di Anon. Iris adalah salah satu dari bunga itu.

Di zaman modern Iris paling terkenal sebagai simbol nasional Prancis. Meskipun Fleur-de-lis berarti Lily, nama sebenarnya mengacu pada Iris pseudacorus yang tumbuh dalam jumlah besar di sekitar sungai Luts di Belanda tempat Raja Prancis pertama tinggal. Iris bukanlah ungu tapi brilian, kuning keemasan dan berpikir bahwa itu karena alasan itu dipilih sebagai simbol monarki, tetapi ada dua legenda untuk membuat cerita lebih menarik.

Pada tahun 496 AD ketika berhadapan dengan pasukan orang-orang Alamonni yang mengintimidasi, (suku Jerman yang menyerang kerajaannya), Raja Clovis membuat janji Ratu Kristen Clotilde-nya. Sang Ratu telah lama mencoba untuk mengubah suaminya yang kafir sehingga dia senang ketika dia berjanji bahwa jika dia memenangkan pertempuran yang akan segera dia akan mengakui bahwa Tuhannya adalah yang terkuat dan akan dibaptis. Ia memenangkan pertempuran Tolbiac dan dibaptiskan seorang Katolik di sebuah gereja kecil di atau dekat lokasi Katedral Rheims di mana sebagian besar Raja-raja Perancis masa depan akan dinobatkan dan ketiga katak di spanduknya menghilang demi Fleur de -lis.

Episode kedua terjadi ketika Louis VII dari Perancis bermimpi sebelum berangkat pada perang yang ditakdirkan pada tahun 1147 yang membujuknya untuk mengadopsi Iris sebagai simbol di spanduknya. Jadi Fleur de-lis menjadi lambang di panji-panji Prancis selama 600 tahun ke depan.

Iris tersedia dalam berbagai warna, dari putih ke kuning, termasuk ungu dan biru.

Gunakan Iris untuk menyelesaikan skema warna biru yang keren atau untuk melengkapi tema Prancis. Dewi pelangi tidak akan pernah mengecewakanmu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *