7 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

Solo atau dikenal pun dengan nama Surakarta ialah sebuah kota di Jawa Tengah. Solo tidak sedikit dikunjungi wisatawan, terlebih ketika musim liburan dan akhir pekan tiba. Berikut ini ialah beberapa lokasi wisata di Solo yang mempunyai keindahan dan keanehan di masing-masing tempat wisata di solo.

 

1. Tawangmangu – Tawangmangu ialah sejenis wisata alam yang paling terkenal di Solo. Air terjun ini dikenal pun dengan nama grojogan sewo. Dilansir situs daftar agen resmi sbobet teraman sejak tahun 2009 Tawangmangu terletak di Kabupaten Karanganyar selama 37 km arah unsur timur Solo. Air terjun dengan panorama estetis hijau dan berhawa sejuk ini ada di sekitar Gunung Lawu. Bermain di bawah air terjun ini butuh hati-hati dan waspada. Bebatuan yang besar dan licin patut guna diwaspadai juga. Selain merasakan keindahan air terjun dengan terpaan air yang memercik ke badan, di sini kita pun dapat membeli sekian banyak jenis tumbuhan sebagai oleh-oleh atau menunggang kuda. Tentunya tidak menunggang sendirian, namun didampingi perawat kudanya, jadi bakal aman. Liburan kemari sesuai untuk keluarga.

Wisata di Solo

Wisata di Solo

2. Taman Balekambang – Sejak tahun 2008, Taman Balekambang telah difungsikan sebagai taman rekreasi sekaligus sebagai sarana edukasi. Warga masyarakat tidak sedikit yang menguras waktu liburan di Taman Balekambang. Taman ini terbagi ke dalam dua bagian. Pertama ialah Taman Air Partini yang di dalamnya ada kemudahan permainan perahu dan yang kedua ialah Hutan Partinah yang di dalamnya terdapat beraneka aneka jenis tumbuhan yang telah tergolong langka. Taman Balekambang bertempat di Jalan Ahmad Yani dan berdiri di atas tanah kira-kira seluas 10 hektar.

 

3. Tugu Lilin – Para wisatawan yang suka berfoto atau memungut gambar, dianjurkan untuk datang ke Tugu Lilin. Di sini saya dan anda bisa melihat suatu tugu yang bentuknya serupa lilin yang tengah menyala. Tugu lilin di bina untuk mengenang 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Tugu Lilin ini ialah sebuah emblem pengabdian dan motivasi membara dalam perjuangan kemerdekaan. Lokasinya di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo.

 

4. Keraton Surakarta – Rasanya belum ke Surakarta andai tak berangjangsana ke Keraton Surakarta atau Keraton Solo. Di sini saya dan anda bisa melihat sekian banyak benda kuno dan mengambil potret dengan semua prajurit penjaga keraton. Salah satu yang paling unik perhatian ialah kereta kencana yang dipamerkan di keraton. Bagi masuk dan mengembara Keraton Surakarta kita melulu perlu menunaikan tiket ekuivalen Rp 10.000,-. Murah meriah, bukan?

 

5. Taman Sriwedari – Salah satu lokasi wisata yang sedang di Kecamatan Lawiyan dan dulunya dibangun guna rekreasi family kerajaan. Taman Sriwedari sekarang telah berpindah fungsi menjadi taman yang tidak sedikit dikunjungi oleh wisatawan. Di sini terdapat pula Gedung Wayang Orang Sriwedari yang memperlihatkan kesenian wayang dengan cerita bertajuk Mahabarata dan Ramayana.

 

6. Air Terjun Jumog – Wisata alam pilihan yang patut dikunjungi ketika kamu liburan ke Solo ialah Air Terjun Jumog. Air terjun ini tak kalah menawan dengan Grojogan Sewu. Udaranya sama-sama sejuk, bersih dan hawanya dingin. Percikan airnya tentang tubuh. Dapat ditempuh 40 km dari Kota Solo. Di samping panorama yang indah, air terjun ini juga menawarkan harga yang murah guna tiket masuknya. Yaitu Rp 5000,- per orang. Eitt … akan namun harga itu dapat berubah sewaktu-waktu, ya.

 

7. Pandawa Water World Solo Baru – Ini ialah salah satu wahana wisata air yang tempatnya di Solo Baru. Yang ditawarkan oleh Pandawa Water World ialah beraneka macam wisata air yang tentunya paling menyenangkan, tak hanya untuk anak-anak. Namun orang dewasa pun demikian. Bagi tiket masuk hari Senin hingga dengan Jumat yakni Rp 50.000,- sementara pada Sabtu dan Minggu Rp 100.000,-. Harga tiket bisa berubah dan tak tetap.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *